STRATEGY TINGKAT PERUSAHAAN

Written on 14.51 by Dimas Sugeng Rachmadi

STRATEGI TINGKAT PERUSAHAAN
(REF : COMPETITIVENESS AND GLOBALIZATION BY MICHAEL A.HITT, R.DUANE IRELAND, ROBERT E.HOSKISSON: CHAPTER 9-EDITION 1995)


1.1 STRATEGI TINGKAT PERUSAHAAN
Strategi tingkat perusahaan (corporate level strategy) adalah tindakan yang diambil untuk mendapatkan keunggulan bersaing melalui pemilihan dan pengelolaan sejumlah bisnis/usaha yang bersaing dalam beberapa industri atau pasar produk.
Pendekatan utama untuk strategi tingkat perusahaan adalah diversifikasi, strategi diversifikasi mengharuskan eksekutif perusahaan membuat suatu strategi multibisnis
1.2 TINGKAT DAN JENIS DIVERSIFIKASI
Tingkat diversifikasi rendah : a.Bisnis Tunggal (Lebih 95% penerimaan berasal dari bisnis tunggal) b. Bisnis dominan (Antara 70% dan 95% penerimaan berasal dari bisnis tunggal).
Tingkat diversifikasi moderat sampai tinggi : a. Berhubungan-terbatas (kurang dari 70% penerimaan berasal dari bisnis dominan dan seluruh bisnis berbagi produk, teknologi dan rangkaian distribusi), b. Berhubungan campurandan tidak berhubungan (kurang dari 70 % penerimaan berasal dari bisnis dominan, dan hanya ada hubungan terbatas antar bisnis).
Tingkat diversifikasi sangat tinggi : a. Diversifikasi tidak berhubungan (kurang dari 70% penerimaan berasal dari bisnis dominan, dan tidak ada hubungan umum antar bisnis).
1.3 Alasan Diversifikasi
a. Motif peningkatan nilai :
ü Lingkup ekonomis : Berbagi aktifitas, transfer kompetensi inti.
ü Kekuatan pasar : Persaingan multipoint, integrasi vertical
ü Keuangan yang ekonomis : Alokasi modal internal yang efisien, pengurangan risiko antar bisnis, restrukturisasi bisnis.

b. Motif nilai netral
ü Insentif pajak
ü Regulasi anti thrust
ü Arus kas masa yang akan datang, yang tidak menentu
ü Pengurangan resiko perusahaan

c. Motif devaluasi
ü Diversifikasi risiko pekerjaan manajerial
ü Peningkatan kompensasi manajerial.
1.4 Lingkup Ekonomis (Economic of scope)
Lingkup ekononomis adalah penghematan biaya sehubungan dengan transfer kemampuan dan kompetensi yang dikembangkan dalam satu bisnis tanpa banyak biaya tambahan.
Diversifikasi yang berhubungan juga dapat digunakan untuk memperoleh kekuatan pasar. Kekuatan pasar (market power) terjadi saat suatu perusahaan mampu untuk menjual produknya diatas tingkat bersaing saat ini atau menurunkan biaya aktifitas utamanya dibawah tingkat bersaing atau keduanya.
Persaingan multipoint (multipoint competition) terjadi saat dua atau lebih perusahaan bersaing dalam produk atau pasar geografis yang sama.
Mutual Forbearance adalah suatu hubungan antara dua atau lebih perusahaan dimana persaingan yang berlebihan akan mengarah pada situasi dimana seluruh perusahaan dalam pasar tersebut menyadari bahwa persaingan semacam itu adalah negatif dan tanpa persetujuan formal, membatalkan tindakan, dan tanggapan bersaing yang bersifat menghancurkan diri sendiri.
Keuangan yang ekonomis (Financial of economics) adalah penghematan biaya yang direalisasikan melalui peningkatan alokasi sumber daya keuangan yang didasarkan pada investasi di dalam dan di luar perusahaan. Keuangan ekonomi meliputi dua hal yakni : a. Alokasi modal internal yang efektif dan b. Pembeliaan perusahaan lainya dan restrukturisasi ulang assetnya.

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar