ANALYSIS EKSTERNAL

Written on 14.41 by Dimas Sugeng Rachmadi

ANALISIS EKSTERNAL
(REF : Ireland, R. D.; R. E. Hoskisson & M. A. Hitt (2001). Manajemen Strategis : Daya Saing & Globalisasi, Edisi ke-1, Jakarta, Salemba Empat


1. Analisis Eksternal
1.1 Lingkungan Umum, Industri, dan Pesaing
Lingkungan umum adalah sekumpulan elemen-elemen dalam masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi suatu industri dan perusahaan – perusahaan yang ada di dalamnya. Elemen elemen tersebut dikelompokkan ke dalam enam segmen yakni :

Segmen-segmen dalam lingkungan umum :
Segmen Demografis, berkaitan dengan ;
1. Ukuran Populasi. Tingkat pertumbuhan populasi yang cepat akan semakin mengurangi sumber daya alam dan mengurangi standar hidup penduduknya.
2. Struktur Usia,
3. Distribusi Geografis
4. Bauran Etnis, perubahan bauran etnis akan mempengaruhi komposisi pekerja.
5. Distribusi Pendapatan, menunjukkan bahwa standar hidup terus meningkat dan variasi terus terjadi.
B. Segmen Ekonomi, Kesehatan perekonomiaan suatu bangsa sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan individual dan industri.
C. Segmen Politik/Hukum, tempat dimana organisasi dan kelompok yang berkepentingan bersaing untuk sumber daya yang diinginkan dan diawasi oleh badan hukum, undang-undang yang mengatur interaksi antar bangsa.
D. Segmen Sosiokultural, berkaitan dengan sikap dan nilai kultural suatu masyarakat.
E. Segmen Teknologi, perubahan teknologi mempengaruhi banyak unsur dalam masyarakat, dan penting bagi perusahaan untuk mempelajari segmen teknologi dengan cepat & menyeluruh.
F. Segmen Global, meliputi pasar global baru yang relevan, sedang berubah, peristiwa politik internasional dan karakteristik kultural.
1.2 Komponen Analisis Lingkungan Eksternal
Komponen Analisis dalam Lingkungan Eksternal adalah Pemindaian (scanning), Pengawasan (monitoring), peramalan (forecasting) dan Penilaian (Assesing)
1.3 Model Lima Kekuatan Persaingan
Model ini diigunakan untuk memperluas wilayah analisis persingan.
Ancaman dari Peserta Bisnis Baru, peserta baru berpotensi mengancam perusahaan yang sudah mapan, karena kapasitas produksi tambahan
Kekuatan tawar menawar Supplier, peningkatan harga & pengurangan kualitas produk jual adalah cara potensial suplies untuk bersaing dalam industri.
Kekuatan tawar menawar pembeli, perusahaan memaksimalkan laba dari modal yang diinvestasikannya, pembeli akan membeli produk dengan harga serendah mungkin.
Ancaman dari produk pengganti, yaitu barang dengan fungsi sama tetapi dengan karakteristik berbeda.
5. Intensitas persaingann di antara para pesaing, perusahaan industri satu dengan lainnya saling tergantung dan mereka saling melakukan tindakan balasan kompetitif.

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar