STRATEGI TINGKAT BISNIS

Written on 14.49 by Dimas Sugeng Rachmadi

STRATEGI TINGKAT BISNIS
(REF : Ireland, R. D.; R. E. Hoskisson & M. A. Hitt (2001). Manajemen Strategis : Daya Saing & Globalisasi, Edisi ke-1, Jakarta, Salemba Empat

1. STRATEGI TINGKAT BISNIS
1.1 Internet, Kekuatan Pelanggan dan Strategi Tingkat – Bisnis.
Internet memiliki potensi untuk menciptakan lebih banyak nilai bagi para pelanggan dalam bentuk biaya-biaya yang lebih rendah dan bentuk-bentuk diferensiasi tambahan. Kapabilitas internet menghasilkan sejumlah peluang bagi perusahaan-perusahaan yang berada dalam ekonomi global. Dalam hal pasar potensial adalah penting untuk dicatat bahwa di Amerika Serikat saja, diperkirakan bahwa tiga perempat dari semua pelangganya telah melakukan pembelian melalui internet. Pasar yang belum dimanfaatkan dan berukuran besar ini sangat memikat baik perusahaan yang sudah mapan maupun perusahaan-perusahaan baru.
Suatu strategi adalah serangkaian komitment dan tindakan yang terintegrasi dan terkoordinasi, yang dirancang untuk mengeksploitasi kompetensi inti dan mendapatkan keungulan kompetitif.
Strategi Tingkat-bisnis adalah serangkaian komitment dan tindakan yang terintegrasi dan terkoordinasi, yang dirancang untuk menyediakan nilai kepada para pelanggan dan mendapatkan keunggulan kompetitif dengan mengeksploitasi kompetensi kompetensi inti dari pasar produk individual dan spesifik.
1.2 Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah suatu proses dimana melaluinya orang orang dengan kebutuhan yang sama dikelompokkan ke dalam individu dan kelompok yang dapat diidentifikasi.
Basis Untuk Segmentasi Pelanggan
1.2.1 Pasar Pelanggan
a. Faktor demografis (usia, pendapatan, seks, dll).
b. Faktor sosiodemografis (kelas sosial, tahap dalam siklus hidup berkeluarga)
c. Faktor geografis (perbedan-perbedaan kultural, regional dan nasional)
d. Faktor Psikologis (gaya hidup, ciri – ciri kepribadian)
e. Pola Konsumsi (berat, moderat dan ringan)
f. Faktor Persepsi (segmentasi manfaat, pemetaan persepsi)
1.2.2 Pasar Industri
a. Segmen pemakai – akhir (diidendifikasi dengan kode SIC)
b. Segmen produk (didasarkan pada perbedaan-perbedan teknologi atau ekonomi produk).
c. Segmen-segmen geografis (didefinisikan sebagai perbatasan antara perbedaan-perbedaan negara atau regional yang terdapat di dalamnya)
d. Segmen faktor pembelian yang umum (penghematan biaya pasar produk dan segmen geografis).
e. Segmen ukuran pelanggan.

1.3 Empat Strategi Generik
a. Strategi Kepemimpinan Biaya adalah serangkaian tindakan integratif yang dirancang untuk memproduksi atau mengirimkan baang-barang atau jasa pada biaya yang paling rendah, relatif terhadap para pesaing, dengan ciri-ciri yang dapat diterima oleh pelanggan.
b. Strategi Diferensiasi adalah suatu strategi agar memiliki atribut dan karakteristik unik dari produk perusahaan dan memberikan nilai bagi pelanggan
c. Fokus Kepemimpinan biaya
d. Fokus Diferensiasi

1.4 Tiga Pendekatan Terhadap Kerja Organisasi yang dapat meningkatkan fleksibilitas Strategis yang berkaitan dengan Penggunaan Strategi
a. Sistem Manukaktur Strategis
b. Jaringan informasi di antara perusahaan – perusahaan.
c. Sistem Managemen Kualitas Total

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar