ANALISIS INTERNAL

Written on 14.45 by Dimas Sugeng Rachmadi

ANALISIS INTERNAL(REF : Ireland, R. D.; R. E. Hoskisson & M. A. Hitt (2001). Manajemen Strategis : Daya Saing & Globalisasi, Edisi ke-1, Jakarta, Salemba Empat


1. Analisis Internal
1.1 Pentingnya Analisis Internal
Dengan mempelajari lingkungan internal, perusahaan mampu menentukan apa yang dapat mereka lakukan, antara lain dengan mengeksploitasi kompetensi inti dan memenuhi tuntutan standar persaingan global.

1.2 Komponen Analisis Internal yang Mengarah ke Keunggulan Kompetitif dan Daya Saing Strategis
1.2.1 Sumber daya , Sumber daya adalah input – input dalam proses produksi perusahaan. (berwujud misal sumberdaya keuangan, sumber daya organisasi, sumber daya fisik, sumber daya teknologi; tidak berwujud misal sumber daya manusia, sumber daya inovasi dan sumberdaya reputasi)
1.2.2 Kapabilitas, kapabilitas adalah kapasitas perusahaan untuk menggunakan sumber daya yang diintegrasikan dengan tujuan untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkan .
1.2.3 Kompetensi inti, kompetensi inti adalah sumber daya dan kapabilitas yang menjadi sumber keunggulan kompetitif bagi perusahaan melebihi para pesaingnya
1.2.4 Penemuan kompetensi inti
1.2.4.1 Bernilai, Langka, Terlalu mahal untuk ditiru & Kapabilitas tidak ada produk pengganti)
1.2.4.2 Analisis Rantai Nilai , analisis rantai nilai adalah pola yang digunakan perusahaan untuk memahami posisi biayanya dan untuk mengidentifikasi cara cara yang dapat digunakan untuk memfasilitasi implementasi dari strategi tingkat bisnisnya.(Outsource dari luar perusahaan)
1.2.5 Daya saing strategis
1.2.6 Keunggulan kompetitif
1.3 Kondisi-Kondisi yang Mempengaruhi Keputusan tentang Sumber Daya, Kapabilitas dan Kompetensi Inti
Kondisi Ketidak pastian(berkaitan dengan karakteristik lingkungan umum dan industri), Kompleksitas (Sebab-sebab interelasi dan persepsi lingkungan, Konflik Intra-organisasi (Di antara yang melakukan keputusan managerial).

1.4 Input Strategis dan Tindakan Strategis
Tujuan Strategis adalah mendayagunakan sumber daya, kapabilitas dan kompetensi inti perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan dalam lingkungan kompetitif.
Tujuan strategis menjelaskan kerangka kerja misi strategis perusahaan yang merupakan pernyataan dari tujuan unik perusahaan dan ruang lingkup operasinya dalam hal produk dan pasar.

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar