Dinamika Persaingan

Written on 14.28 by Dimas Sugeng Rachmadi

STRATEGI TINGKAT BISNIS
(REF : COMPETITIVENESS AND GLOBALIZATION BY MICHAEL A.HITT, R.DUANE IRELAND, ROBERT E.HOSKISSON)

1.1 PENGERTIAN STRATEGI TINGKAT BISNIS.
Strategi Tingkat Bisnis (Business Level Strategy) menekankan tindakan yang harus diambil untuk menyediakan nilai bagi konsumen dan mendapatkan keunggulan bersaing melalui pendayagunaan kompetensi inti dalam pasar suatu produk tertentu..
Strategi merupakan sejumlah tindakan yang terintegrasi dan terkoordinasi yang diambil untuk mengeksploitasi kompetensi inti serta memperoleh keunggulan bersaing.
Kompetensi inti merupakan sumber daya dan kemampuan yang telah ditentukan sebagai sumber keunggulan bersaing bagi perusahaan terhadap pesaingnya.
1.2 KONSUMEN – SIAPA, APA DAN BAGAIMANA
Siapa: Konsumen dapat dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan perbedaan kebutuhan mereka.
Perusahaan harus menentukan dan mengidentifikasi siapa yang dilayani, sehingga dapat memfokuskan perhatian pada kelompok atau segment konsumen.
Apa : Menentukan Kebutuhan konsumen untuk dipenuhi. Kebutuhan dasar yang dimiliki seluruh konsumen adalah untuk membeli barang dan jasa yang memberikan nilai. Perusahaan yang terus menerus memberikan nilai yang semakin bertambah kepada konsumen seringkali mencapai daya strategis dan laba tinggi. Dengan mempelajari kebutuhan konsumen, suatu perusahaan memperlihatkan bahwa ia mau menghasilkan nilai abgi konsumen dengan suatu pendekatan strategis tertentu.
Bagaimana : Menentukan Kompetensi Inti untuk Digunakan guna memenuhi Kebutuhan Konsumen.
Strategi tingkat bisnis harus dirumuskan dan diterapkan melalui pengertian yang terintegrasi mengenai siapa yang dilayani dan apa kebutuhan konsumen yang harus dipenuhi. Kegagalan untuk memfokuskan secara bersamaan pada hal hal yang mendasar pada konsumen mencegah penerapan strategi yang dapat menciptakan nilai secara sukses.
1.3 Jenis Strategi Tingkat Bisnis, Strategi tingkat bisnis berhubungan dengan posisi suatu perusahaan dalam industri secara relatif terhadap para pesaingnya. Perusahaan yang mampu membangun posisi industri yang menguntungkan akan lebih mampu menghadapi lima kekuatan persaingan daripada pesaingnya. Empat strategi generik : a. Kepemimpinan biaya, b. Pembedaan c. biaya rendah terfokus, dan pembedaan terfokus.
1.4 Strategi Fokus. Melalui keunggulan biaya maupun strategi pembedaan, suatu perusahaan berusaha untuk menggunakan kompetensi intinya yang mencakup seluruh industri untuk memperoleh keunggulan bersaing. Strategi Fokus Dilakukan ketika perusahaan mencoba untuk menggunakan kompetensi intinya untuk menyediakan suatu kelompok pembeli tertentu dalam suatu industri.
Strategi Biaya Rendah Terfokus, antara lain diaplikasikan oleh Liuski International, distribusi komputer personal, Kunci keberhasilan penerapan strategi biaya rendah Liuski adalah keputusan perusahaan untuk menempatkan gudang distribusinya dekat dengan konsumen. Melalui tempat tempat strategis ini, perusahaan dapat mengantarkan produknya kepada kebanyakan konsumen dalam satu hari.
Strategi Pembedaan Terfokus. Sumber keunggulan bersaing perusahaan adalah kemampuanya untuk menghasilkan berbagai produk yang berbeda.
Resiko Bersaing Strategi Fokus. Saat menerapkan kedua strategi fokus suatu perusahaan menghadapi resiko umum yang sama sebgaimana perusahaan yang menerapkan strategi keunggulan biaya maupun strategi pembedaan dengan skala industri.

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar